Bagus Abdillah Seseorang blogger yang suka menulis dan senang berbagi seputaran Teknologi digital!

Alhamdulillah

3 min read

Sebagai kaum muslimin yang beriman, pastinya kita akan selalu mengucapkan sebuah kalimat Alhamdulillah disaat kita sedang mendirikan sholat 5 waktu, sebagai bukti rasa syukur dan terima kasih kita kepada Allah SWT.

Walaupun ucapan ini hanyalah penggalan dari sebuah kalimat ayat suci, akan tetapi di dalamnya mengandung beribu-ribu keutamaan dan juga sebuah syafaat yang tiada tara.

Sehingga, banyak kaum muslimin yang mengucapkan kalimat Alhamdulillah atau yang biasa kita sebut lafadz hamdalah, tetapi mereka masih belum mengetahui arti yang sebenarnya dari kalimat ini.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan membahas atau memberikan sebuah penjelasan mengenai apa arti dari Alhamdulillah dan manfaat yang akan di dapat ketika sedang mengucapkannya.

Arti Alhamdulillah

contoh tulisan arab hamdalah

Alhamdulillah adalah sebuah kalimat tahmid yang memiliki arti segala puji bagi Allah SWT dan memiliki sebuah makna kalimat yang sangat lah luas.

Sebagaimana yang dikatakan oleh ulama yang bernama Muhammad Quraish Shihab, bahwa kalimat Alhamdulillah itu sendiri terdiri dari sebuah kata al, hamd, dan lillah.

Dari setiap penggalan kata yang ada di atas, semuanya memiliki unsur atau menunjukan ke sebuah makna yang berbeda-beda yaitu, kata al untuk menunjukan makna semuanya, hamd adalah pujian, dan lillah tertuju kepada Allah.

Allah SWT pernah memberikan janji dalam sebuah kalimat ” semakin banyak hambaku yang bersyukur, maka semakin banyak pula nikmat yang akan diberikan.

Janji ini pula telah disampaikan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran surat ibrahim ayat 7 yang berbunyi:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ “Wa iz ta azzana rabbukum la in syakartum la azidannakum wa la ing kafartum inna azabi lasyadid”

Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Di dalam hadits riwayat bukhari dan juga muslim pernah menyebutkan, Alhamdulillah adalah satu dari empat ucapan yang sangat disenangi oleh Allah SWT.

Di ambil dalam sebuah buku Akidah Akhlak yang dituliskan oleh Ahmad Kusaeri, pahala saat mengucapkan kalimat hamdalah sangatlah besar, karena ucapan ini adalah ungkapan terima kasih kepada Allah SWT.

Lantaran, apa manfaat yang bisa kita dapatkan saat kita membaca Alhamdulillah? Untuk lebih lengkapnya simak terus ulasan di bawah ini.

Tulisan Arab Alhamdulillah Hirobbil Alamin

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Alhamdulillah, alhamdu lillahi rabbil alamin yang artinya = “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam”

Baca Juga: Jazakallah Khairan

Manfaat Mengucapkan Alhamdulillah

arti dan manfaat mengucapkan hamdalah atau alhamdullillah

Diampuni Dosa:

Jika ada seseorang yang mengucapkan hamdalah sebanyak tiga kali, maka ucapan yang ketiga Allah akan menambahkan pahala yang baru serta akan mengampuni setiap dosa nya.

Menentramkan Jiwa:

Bagi orang-orang yang selalu senantiasa bersyukur dengan cara mengucapkan kalimat Alhamdulillah maka akan senantiasa merasakan sebuah jiwa yang jauh semakin tentram.

Mendapat Pahala:

Untuk orang-orang yang senantiasa mengucapkan Alhamdulillah artinya telah memuji Allah SWT dan Allah akan memberikan sebuah balasan yang berupa pahala atas orang tersebut.

Dan apabila orang-orang tersebut mengucapkan hamdalah untuk yang kedua kalinya maka Allah SWT akan menambahkan lagi pahala baru untuk orang-orang tersebut.

Ditambah Rezekinya:

Seseorang yang selalu senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dengan cara membaca hamdalah atau Alhamdulillah maka Allah telah berjanji untuk selalu menambahkan rezekinya.

Selain senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dengan cara mengucapkan Alhamdulilah, bersyukur juga bisa kalian lakukan dengan cara sedekah kepada orang-orang yang kurang mampu, maka itu pun akan ditambahkan rezekinya.

Selalu Berperasaan Baik:

Mengucapkan Alhamdulillah juga bisa membuat kita selalu berperasaan yang baik atau tidak pernah berpikiran yang buruk-buruk kepada orang lain.

Karena dengan kita mengucapkan Alhamdulillah, maka hati kita akan selalu qana’ah yaitu menerima semua hal dengan perasaan yang lapang dada.

Meningkatkan Kesejahteraan:

Bagi orang-orang yang selalu senantiasa bersyukur dengan cara mengucapkan Alhamdulillah maka Allah SWT akan selalu meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Tidak akan pernah ada hal yang jauh lebih menenangkan terkecuali memang hatinya yang merasa cukup dengan yang dimiliki sehingga, kita akan jauh lebih merasa sejahtera dan juga bahagia.

Jauh Dari Pikiran Stres:

Orang-orang yang hidupnya tidak pernah merasa bersyukur, pastinya akan selalu merasakan kekurangan dalam segi apapun sehingga membuatnya akan lebih mudah untuk depresi atau stres.

Lain halnya dengan orang-orang yang selalu merasa bersyukur, mereka akan selalu merasakan dan memandang segala hal itu adalah karunia yang pasti akan selalu ada hikmahnya.

Menjaga Kesehatan Mental:

Bagi kalian khususnya remaja, kalian harus pandai-pandai memilih segala pergaulan dan tentunya jangan sampai terjerumus ke dalam pergaulan yang bebas.

Dengan ini, ada baiknya kalian selalu belajar menumbuhkan rasa bersyukur agar kesehatan mental kalian terjaga, sehingga hidup kedepannya akan jauh lebih baik dan bermanfaat.

Menjadikan Pribadi yang Lebih Baik Bagi Orang Lain:

Rasa bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah tentunya akan menjadikan diri sendiri sebagai seseorang yang memiliki jiwa sosial kuat kepada seseorang.

Karena memiliki jiwa sosial tentunya akan menimbulkan sikap sosial yang sangat positif, contohnya seperti membantu orang lain yang terkena musibah atau memberikan nasehat yang bermakna kepada sesama muslim.

Beristirahat Dengan Tenang:

Para ilmuwan pernah meneliti dan membuktikan bahwa seseorang yang selalu merasa bersyukur maka hidupnya akan jauh lebih merasa tenang saat beristirahat atau sedang tertidur.

Dan apabila terdapat orang-orang yang merasakan jiwanya tidak pernah merasa tenang saat beristirahat, maka bisa jadi hal itu disebabkan oleh dirinya yang tidak pernah merasa bersyukur.

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang Mudikbumn.co.id bisa berikan, semoga kaum muslimin semuanya dapat selalu merasa bersyukur atas apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT dan semoga saja kalian semua bisa mengambil berbagai manfaat yang ada di dalam nya, terimakasih.

Bagus Abdillah Seseorang blogger yang suka menulis dan senang berbagi seputaran Teknologi digital!