Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih

Cara dan Syarat Buka Rekening BRI

3 min read

Saat ini perkembangan teknologi perbankan digital lebih mudah diakses oleh masyarakat, salah satunya bagi kalian yang belum memiliki rekening tabungan BRI atau berencana ingin buka rekening BRI, ikuti cara berikut ini karena dapat dilakukan secara online.

Memiliki rekening pada salah satu Bank yang ada di Indonesia, menjadi kebutuhan yang cukup penting. Karena, dengan pelayanan yang disediakan oleh setiap bank, dapat memudahkan segala urusan seseorang tanpa membuang-buang waktu dan juga uang.

Terlebih lagi, Bank-Bank tersebut sangat peka terhadap kemajuan teknologi, yang kemudian diterapkan untuk membantu keperluan dari setiap nasabahnya.

Dengan banyaknya jenis-jenis Bank di Indonesia, para nasabah akan diuntungkan dengan banyaknya pilihan produk yang disediakan oleh masing-masing Bank sesuai kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, Bank BRI sebagai salah satu Bank Pemerintah di Indonesia dengan jaringan terluas, hadir untuk memahami berbagai macam kebutuhan dari masyarakat Indonesia.

Hal tersebutlah, yang membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk bekerja sama dan membuka rekening di Bank BRI baik dalam bentuk simpan atau pinjam.

Namun, jika kalian ingin membuat rekening di Bank BRI, terdapat beberapa persyaratan yang perlu kalian pahami dahulu sebagai calon nasabah baru. Yuk simak ulasan yang dirangkum oleh MudikBumn.Co.Id.

Syarat Buka Rekening BRI

syarat buka rekening bri

Sebelum melakukan pembukaan rekening Bank BRI, tentunya kalian harus memahami apa saja persyaratan dan juga ketentuan dari Bank BRI, untuk mengetahuinya simak penjabaran di bawah ini:

  1. Usia min 17 tahun.
  2. Bagi warga negara Indonesia harus menyiapkan kartu identitas berupa KTP.
  3. Sedangan, bagi WNA (warga negara asing) harus menyiapkan kartu identitas berupa KITAS/KIMS/KITAP.
  4. Membayar setoran awal berdasarkan dengan jenis tabungan yang dipilih.
  5. Membayar setoran selanjutnya berdasarkan dengan jenis tabungan yang dipilih.
  6. Untuk produk Britama Bisnis, kalian harus menambahkan surat ijin usaha atau SIUP/TDP, Akte Pendirian Usaha, Anggaran Dasar.
  7. Sedangkan untuk persyaratan buka rekening BRI Simpedes Bisnis harus melampirkan NPWP.

Cara Buka Rekening BRI Online

Ada beberapa langkah mudah untuk membuka rekening BRI, langkah pertama siapkan dokumen berupa KTP, NPWP (opsional) dan data diri kalian. Kemudian, verifikasi diri di mana rekaman video dibuat untuk memverifikasi diri kalian sendiri.

Berikut ini langkah membuka rekening BRI secara online:

  1. Buka Bukarekening.bri.co.id, klik “Buka Rekening”.
  2. Siapkan dokumen yaitu KTP, NPWP dan informasi pribadi.
  3. Pilih jenis tabungan sesuai kebutuhan kalian.
  4. Verifikasi diri kalian dengan melakukan video recording.
  5. Aktifkan akun baru dengan melakukan setoran awal. (Besarnya setoran pertama tergantung pada jenis tabungan yang dipilih)
  6. Buat rekening Brimo atau BRI Internet banking untuk dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan.
  7. Pilih kantor BRI pilihan untuk pengelolaan rekening.
  8. Unggah foto informasi pribadi kalian sesuai ketentuan, lalu aktivasi akun, dan kalian sudah dapat menggunakan layanan perbankan BRI.

Keuntungan Buka Rekening BRI

Terdapat beberapa keuntungan menggiurkan yang akan kalian dapatkan jika membuka rekening Bank BRI dengan biaya yang cukup terjangkau.

Berikut ini daftar keuntungan yang akan kalian dapatkan ketika membuka Rekening Bank BRI, yaitu sebagai berikut :

  1. Mendapat asuransi kecelakaan
  2. Mendapatkan fasilitas kartu debit
  3. Mendapatkan fasilitas E-Banking
  4. Transaksi secara otomatis
  5. Real Time Online

Tidak hanya itu saja, kalian juga akan mendapatkan promo-promo dari beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Bank BRI.

Baca Juga: Cara Transfer BRI Ke Mandiri

Nah, beberapa keuntungan diatas, pastinya sangat menarik perhatian kalian untuk langsung membuka rekening di Bank BRI, bukan?

Produk Rekening BRI Paling Diminati

cara buka rekening bri

Sebagai salah satu Bank tertua yang ada di Indonesia, BRI mempunyai pengalaman yang cukup banyak dalam urusan melayani nasabah.

Bank yang berdiri pada tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah ini memang di buat khusus untuk melayani kebutuhan masyarakat kala itu.

Saat ini terdapat beberapa produk layanan yang ditawarkan oleh Bank BRI untuk memudahkan masyarakat Indonesia. Masing-masing produk memiliki biaya setoran awal yang berbeda-beda.

Berikut ini penjelasan dari beberapa produk layanan Bank BRI yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah :

Rekening BRI Simpedes

Simpedes menjadi salah satu produk dari Bank BRI yang banyak diminati oleh rakyat Indonesia, karena biaya setoran awal untuk membuka rekening ini minimum sebesar Rp100.000.

Oleh sebab itu, Simpedes sangat menguntungkan bagi rakyat pedesaan yang ingin membuka rekening Bank, karena harganya yang terjangkau.

Rekening BRI BritAma

Tidak hanya Simpedes, BritAma juga menjadi salah satu produk Bank BRI yang banyak diminati oleh rakyat Indonesia, karena biaya setoran awal untuk membuka rekening ini minimum sebesar Rp250.000.

Tidak hanya karena biaya setoran awal yang terjangkau saja, tetapi juga karena pembuatan dari Rekening BRI BritAma ini terbilang sangat mudah.

Rekening BRI BritAma Junio

Sesuai dengan namanya, bahwa produk dari Bank BRI yang satu ini memang diperuntukan bagi anak-anak yang baru belajar menabung.

Sehingga, orang tua dari nasabah rekening ini lah yang wajib memantau kegiatan anaknya. Untuk setoran awal saat membuka rekening BritAma Junio ini sebesar Rp150.000.

Rekening BRI Simpedes TKI

Simpedes TKI merupakan salah satu produk Bank BRI yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja sebagai TKI dengan rekomendasi PPTKIS.

Sehingga, tidak bisa sembarang orang dapat membuat rekening Bank BRI jenis ini. Untuk membuka Rekening Simpedes TKI, kalian hanya perlu membayar setoran awal sebesar Rp10.000.

Kalian akan mendapatkan Kartu BRI (BRI Card) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan juga Kartu Debit dengan fitur-fitur yang sangat lengkap.

BRI Tabungan Haji

Indonesia dikenal sebagai negara yang mayoritas penduduknya menganut Agama Islam. Hal ini tentunya membuat masyarakat Indonesia ingin menunaikan ibadah Haji.

Saat ini, untuk pergi menunaikan ibadah Haji, tentunya kita harus menabung terlebih dahulu selama bertahun-tahun. Setelah tabungan tersebut cukup, barulah kita bisa pergi untuk menunaikan ibadah Haji.

Melihat hal tersebut, akhirnya Bank BRI memberikan layanan tabungan khusus ibadah Haji dalam produk BRI Syariah dengan biaya setoran awal sebesar Rp50.000.

BRI Syariah merupakan produk Bank BRI yang menggunakan akad Bagi Hasil sesuai dengan perinsip syariah bagi para calon jamaah Haji.

Baca Juga: Cara Transfer GoPay Ke OVO

Nah, itu dia ulasan materi mengenai cara dan syarat buka Rekening BRI online dengan mudah dan cepat, semoga artikel kali ini membantu untuk menyelesaikan masalah kalian, terimakasih.

Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih