Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih

Cara Menambah Virtual Memory di Windows

2 min read

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan agar membuat kinerja dan performa Windows yang kalian gunakan sehari-hari menjadi lebih cepat dan anti lag dengan menambah virtual memory. Meskipun laptop atau PC kalian memiliki RAM kecil kalian bisa menambah memory secara manual dengan mengetahui cara menambah virtual memory di windows dibawah ini.

Pada dasarnya hal ini penting untuk kalian ketahui, meskipun tidak digunakan saat ini juga karena memory di perangkat kalian masih cukup besar hal ini bisa kalian lakukan di kemudian hari.

Contohnya saja ketika kalian mengoperasikan game yang membutuhkan RAM besar maka kinerjanya menjadi tidak optimal dan tidak lemot.

Contoh lainnya saat kalian memainkan game PUBG Mobile menggunakan emulator Tencent Gaming Buddy pasti kalian akan mendapatkan pesan error virtual memory low yang menandakan kalau virtual memory pada laptop kalian kurang. Hal inilah yang menyebabkan permainan kalian akan menjadi lag dan bug.

Maka dari itu kalian perlu menambah virtual memory di Windows secara manual agar ukuran memory PC kalian mencukupi sehingga dapat mengoperasikan berbagai aplikasi dan game yang membutuhkan RAM besar tanpa kendala.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara menambah virtual memory di windows dengan mudah, simak terus artikel ini selengkapnya hanya di MudikBumn. Kalian akan mendapatkan informasi dan upate terbaru teknologi masa kini. Yuk kita bahas!

Cara Menambah Virtual Memory Windows

cara menambah virtual memory di windows

Ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan agar memory PC atau laptop kalian bisa bertambah secara manual, dan tentunya langkah ini bisa kalian lakukan sendiri dengan mudah.

Berikut ini langkah cara menambah virtual memory di Windows 7, 8 dan 10 yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat:

Buka Windows Explorer

cara menambah virtual memory di windows

Pertama yang harus kalian lakukan yaitu menyiapkan laptop atau PC kemudian masuk ke menu properties pada komputer kalian. Cara yang paling mudah dilakukan yaitu membuka file explorer lalu klik kanan pada bagian icon komputer, kemudian pilih properties.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Pilih menu Advanced System Settings

cara menambah virtual memory di windows

Setelah kalian masuk ke komputer properties, kalian lihat pilihan yang ada dibagian paling bawah kemudian klik pada Advanced System Settings.

Klik tab Advanced > Performance > Settings

cara menambah virtual memory di windows

Kalian akan melihat tampilan pada menu System Properties. Klik tab Advanced kemudian lihat pada bagian Performance kemudian klik tombol Settings.

Pilih tab Advanced > Virtual Memory > Change

cara menambah virtual memory di windows

Setelah masuk ke jendela Performance Options klik pada tab Advancedd kemudian lihat dibagian menu paling bawah Virtual Memory kemudian klik tombol Change.

Ubah Ukuran Virtual Memory sesuai kebutuhan

cara menambah virtual memory di windows

Pada tahap ini kalian tingga mengubah ukuran virtual memory di Windows sesuai dengan kebutuhan yang kalian inginkan.

Pastikan kalian sudah menyorot pada drive C > pilih Custome size lalu ubah nilainya sesuai kebutuhan kalian. Nilai initial size adalah nilai virtual memory kalian sebelumnya, kalian bisa menggantinya sesuai dengan ukuran RAM.

Pada umumnya nilai virtual memory adalah separuh dari nilai RAM, namun jika kalian menggunakan perangkat yang RAM nya kecil maka bisa menggunakan nilai yang sama dengan RAM. Setelah selesai mengubah ukuran virtual memory di Windows klik tombol OK.

Kemudian restart komputer kalian agar perubahan bisa diterapkan pada perangkat kalian masing-masing, jika sudah penambahan virtual memory sudah berhasil dilakukan.

Seperti itulah cara menambah ukuran virtual memory di Windows dan bisa diterapkan di Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10.

Cara Mengatasi Memory Low

cara menambah virtual memory di windows

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar meningkatkan performa perangkat kalian dengan cara lain selain menambah virtual memory, sebagai berikut;

Menghapus Program yang tidak digunakan

Biasanya di laptop adatu komputer kalian terdapat aplikasi yang sudah tidak digunakan, misalkan game yang sudah bosan dimainkan atau aplikasi pihak ketiga lainnya yang hanya kalian gunakan jaman dulu.

Nah, jika aplikasi tersebut tidak dihapus akan memenuhi ruang memori kalian dan menyebabkan virtual memory low untuk itu tidak ada salahnya jika menghapus program yang sudah tidak terpakai.

Selain itu ada beberapa cara lain yang bisa membantu mengatasi virtual memory low pada, yakni;

  1. Meningkatkan virtual memory low, cara ini dianggap cara paling efektif untuk mengatasi kelemotan laptop kalian
  2. Kalian dapat menguninstall program di komputer kalian yang sudah tidak digunakan lagi, sehingga hal ini akan menyebabkan berkurangkan memori yang kalian gunakan.
  3. Kalian bisa menghapus beberapa file yang tidak diperlukan, seperti double file, log file, dan file-file sampah lainnya. Misalnya yang terdapat di prefecth > sellect all > tekan tombol Shift+Del pada keyboard.
  4. Kalian juga bisa melakukan pembersihan pada recycle bin, cookies, dll.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Watermark Filmora

Penutup

Berikut ulasan kami mengenai cara menambah virtual memori di Windows, selain itu kalian juga bisa mengatasi memory low yang terjadi pada perangkat yang kalian gunakan dengan mudah. Beberapa cara diatas sudah terjamin berhasil jika kalian lakukan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah kami jabarkan.

Semoga artikel ini dapat memberikan solusi bagi laptop atau komputer kalian yang low memory. Jangan lupa simak terus aktivitas update terbaru dari kami agar kalian tidak ketinggalan informasi dan update teknologi masa kini. Selamat mencoba ya teman-teman, semoga berhasil!

Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih