Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih

Cara Mengatasi Laptop Lemot

4 min read

Saat ini laptop menjadi alat penting yang dapat membantu semua jenis pekerjaan, pembelajaran dan untuk bermain game. Namun tidak jarang masalah laptop muncul setelah beberapa tahun menggunakannya, salah satunya adalah laptop menjadi lemot. Hal ini tentu saja dapat membuat sebuah pekerjaan menjadi sulit dikerjakan, lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Laptop yang lemot bisa disebabkan oleh banyak hal seperto laptop kalian memiliki memori (RAM) yang rendah atau kecil akan tetapi digunakan untuk penyimpanan data yang begitu banyak hal ini dapat membuat laptop kalian akan menjadi lemot.

Apabila hal ini terjadi, kalian tidak perlu buru-buru membeli sebuah laptop yang baru karena kalian dapat mengatasi hal ini dengan membersihan ruang penyimpanan yang tidak terlalu dipakai.

Nah kali ini Mudikbumn.co.id akan mengulas tentang penyebab laptop menjadi lemot dan cara mengatasi laptop yang lemot yang bisa kalian praktekan dengan mudah hanya dirumah saja!

Penyebab Laptop Menjadi Lemot

penyebab laptop lemot

Sesaat akan menangani sebuah laptop yang lelet atau lemot, sebaiknya kalian harus kenali lebih dulu apa masalah penyebab yang membuat laptop kalian menjadi lemot. Ada beberapa faktor-faktor pemicu yang membuat laptop lemot saat akan digunakan.

  1. Kebanyakan software yang berjalan pada latar belakang secara otomatis saat kalian menghidupkan laptop, makin banyak software yang kalian jalankan, akan membuatnya menjadi lelet saat booting.
  2. Umur harddisk telah terlalu tua atau sudah usang apalagi jika jenis hardisk yang kalian pakai tipe HDD pasti akan mempengaruhi perform dari laptop keseluruhannya.
  3. Harddisk sudah penuh dengan data pemakaiannya.
  4. Kapasitas RAM yang kecil juga dapat membuat laptop kalian menjadi lemot.
  5. Kebanyakan add-ons pada browser, seperti Internet Download Manajer dan AdBlocker.
  6. Laptop terserang virus.
  7. Jarang mengupdate sistem operasi Windows atau MacOS.

Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 7, 8, 10

cara mengatasi laptop lemot

Uninstall Aplikasi yang Tidak Dipakai

Apabila mempunyai laptop, kadang kita ingin coba semua macam jenis aplikasi. Akan tetapi, bila kita memasang kebanyakan progam, drive C akan penuh dan sistem akan memerlukan waktu kelamaan untuk membaca hard drive.

Dampak dari hal ini tentu saja akan menjadi satu pemicu laptop menjadi lemot, langkah menangani hal ini yaitu jika kalian memiliki banyak aplikasi dapat menguninstall beberapa program yang tak pernah digunakan atau jarang dipakai.

Cobalah untuk memilih aplikasi mana yang jarang digunakan, kalian juga dapat memeriksa aplikasi yang terinstal secara tidak sengaja saat menjelajah, mengunduh konten dari situs web tertentu, atau selama penginstalan.

Dengan menginstal aplikasi yang tidak kalian pakai di laptop sangat sayang karena memori kalian akan menjadi penuh, walaupun aplikasi tersebut tidak bekerja.

Hal ini ialah langkah yang lumayan gampang untuk menjaga laptop supaya tidak lambat karena karena tidak mengharuskan kalian menggunakan perangkat lunak atau teknik khusus apa pun.

Mengganti Hard Drive (HDD) Dengan SSD

Jika ternyata cara yang pertama belum berhasil, kalian dapat melakukan pergantian pada hard disk (HDD) dengan jenis solid state drive SSD karena hal ini dapat sangat membantu untuk meningkatkan performa laptop kalian menjadi seperti baru kembali.

Perbedaan HDD dan SSD selain performa tentunya akan membuat proses booting lebih cepat dan responsif, sangat disarankan untuk menggunakan hanya satu SSD untuk memuat sistem operasi, karena saat ini relatif kecil dan harganya juga cukup mahal dibandingkan dengan HDD.

Menambah Kapasitas RAM

Selainnya lakukan up-grade hardisk pada HDD menjadi SSD, kalian bisa juga coba langkah menangani laptop lemot dengan lakukan menambahkan kemampuan RAM pada laptop yang kamu punyai.

Biasanya, pada laptop pabrikan akan memperlengkapi sistem laptop kalian dengan kemampuan RAM sekitar di antara 2 sampai 4GB. Padahal untuk jalankan software sekarang ini memerlukan laptop dengan minimum RAM 8GB.

Karena itu, kalian dapat menambah RAM pada slot yang tersedia akan tetapi awalnya, samakan terlebih dahulu jenis tipe RAM (DIMM atau SODIMM) yang kalian miliki seperto kemampuan, dan kecepatannnya.

Memasang Antivirus

Salah satunya alasan mengapa laptop kelian menjadi lelet ialah karena terserang virus atau malware. Hal ini sama saja seperti manusia, jika laptop terserang penyakit atau virus tentu saja akan berpengaruh pada berkurangnya perform laptop tersebut.

Nah supaya aman dari serangan virus, kalian dapat pasang antivirus terbaik untuk hilangkan semua jenis virus yang akan menyerang laptop kalian dan selalu untuk memeriksanya dengan teratur.

Disamping itu, selalu up-date antivirus itu supaya bermacam jenis virus bisa dibaca dengan antivirus yang telah diinstall.

Gunakan Aplikasi Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop

Sebelum melakukan pembelian laptop baru, kalian harus mengetahui spesifikasi pada jenis laptop tersebut. Hal ini dapat membantu kalian untuk menilai apakah aplikasi yang akan dicoba instal di laptop memenuhi spesifikasinya atau tidak.

Misalnya, kalian memasang game dengan kualitas yang berat, meskipun spesifikasi prosesor dan RAM tidak mencukupi. Jika kalian terus memaksa menginstal game tersebut di laptop, jangan heran jika laptop menjadi lambat suatu hari nanti.

Solusinya, jangan memaksakan kapasitas laptop pilih game dengan alternatif atau spesifikasi yang lebih rendah agar tidak memperlambat laptop seperti game PC ringan. Dengan spesifikasi yang tepat dan sesuai, kalian dapat menghindari laptop menjadi lelet dan menjaga kinerjanya menjadi lebih baik.

Membersihkan Sampah Pada Desktop dan Aplikasi

Disamping itu, ada pula langkah untuk menangani laptop yang lemot parah dengan membersihkan temporary files yang tertimbun di laptop kalian

Menyimpan banyak program di desktop dapat menjadi pemicu lain mengapa laptop kalian menjadi lambat. Jika kalian memakai laptop dengan dengan sistem kapasitas yang besar, hal ini tidak jadi permasalahan.

Terkadang kita menyimpan kebanyakan program pada desktop yang mengakibatkan menjadi lelet dalam memberi respon perintah dari pemakai. Disamping itu upayakan tidak boleh kebanyakan program yang menjalan laptop karena bisa menjadi pemicu laptop kalian menjadi lambat.

Gunakan Software Booster

Penggunaan laptop yang kurang optimal dapat memperlambat dan mempengaruhi kinerja laptop, untuk menghindari hal ini kalian dapat menginstal perangkat lunak yang mendukung kinerja, seperti aplikasi booster.

Terdapat banyak software yang bisa kalian coba, seperti aplikasi CCleaner atau Advance System Care. Software ini akan melakukan optimasi seperti membersihkan history browsing, membersihkan cookies dan cache yang dapat mempengaruhi kinerja laptop.

Pakai Cooling Pad atau Pendingin Laptop

Cara mengatasi laptop lemot kalian dapat menggunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan, yang berguna agar suhu laptop tidak terlalu panas. Jika suhu laptop terlalu panas, kemungkinan laptop menjadi lemot karena sistem terlalu banyak bekerja.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan vacuum cooler untuk menyedot udara panas di dalam laptop. Alat ini juga sangat berguna untuk menjaga suhu laptop saat kalian yang sedang bekerja.

Install Ulang Windows

Solusi terakhir untuk mengatasi laptop yang lemot parah adalah dengan menginstal ulang Windows. Usia laptop yang sudah tua tidak hanya mempengaruhi kinerja perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Salah satu yang paling terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows.

Ketika Windows mengalami kesalahan, kinerjanya tidak optimal atau sering crash. Jika terlalu parah kami sangat menyarankan kalian unruk me-restart atau menginstal ulang Windows.

Akan tetapi untuk meinstal ulang Windows perlu diperhatikan caranya karena sering terdapat kesalahan yang disebabkan oleh perangkat lunak yang membuat laptop lemot setelah update Windows.

Akhir Kata

Nah itu dia informasi penyebabnya dan cara mengatasi laptop lemot dengan cepat dan mudah untuk dipraktekan sendiri dirumah. Alahkah sebaiknya untuk merestart ulang laptop sebaiknya dijadikan langkah terakhir karena dengan merestart ulang sistem Windows data yang ada dilaptop kalian akan terhapus semua.

Baca Jaga: Kode ZalTV Terbaru

Itulah penjelasan dari kami dari semua cara tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kinerja laptop yang lemot. Apabila artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan sungkan untuk membagikan ke teman-teman kalian semua, terimakasih dan sampai berjumpa kembali.

Rate this post
Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih