Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih

Contoh CV Lamaran Kerja

4 min read

CV (Curriculum Vitae) atau yang biasa disebut daftar riwayat hidup merupakan suatu hal yang penting untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Karena CV merupakan dasar dari seorang HRD untuk menyaring calon karyawan baru di sebuah perusahaan. Simak Contoh CV Lamaran Kerja berikut ini agar HRD memilih kalian sebagai pegawai barunya.

Dengan membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar pastinya akan menandatangkan ketertarikan sendiri untuk para pimpinan sebuah perusahaan atau HRD yang bertanggung jawab untuk menerima pegawai baru. CV adalah tahapan terdasar untuk memasuki tahapan selanjutnya yaitu intervew.

Untuk kalian freshgraduate untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik pasti akan mengalami kesulitan. Hal itu merupakan hal yang wajar. Karena di bangku kuliah atau sekolah, CV merupakan hal yang jarang di bahas. Maka penting hukumnya untuk kalian mempelajari bagaimana cara untuk membuat daftar riwayat hidup.

Nah oleh sebab itu maka artikel ini akan mempermudah kalian untuk membuat daftar riwayat hidup yang menarik. Pasalnya kalian akan mempelajari caranya membuat CV yang menarik, baik dan benear serta menyesuaikan jenis pekerjaan yang akan kalian lamar nantinya. Melihat berbagai CV juga merupakan cara untuk membuat sebuah CV yang baik dan benar.

Unsur – unsur yang terdapat di dalam setiap CV yang kalian lihat harus diperhatikan, agar nantinya tidak terjadi kekurangan informasi data pribadi yang kalian lampirkan. Lalu setelah itu harus memikirkan bagaimana cara membuatnya, sampai tips and trik suapaya CV kamu dilirik oleh HRD sebuah perusahaan yang kalian lamar.

Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana caranya membuat seta contoh CV lamaran Kerja yang baik dan benar.

Pengertian Tentang CV atau Curiculum Vitae

contoh cv lamaran kerja

Merupakan sesuatu yang penting bagi seseorang yang menempuh pendidikan dan sudah di akhir perjalanan alias sudah mau lulus untuk mengetahui apakah yang dimaksud dengan CV itu sendiri. CV atau biasa yang disebut daftar riwayat hidup merupakan hal dasar yang wajib kalian miliki sebelum melamar sebuah pekerjaan.

Selain itu mengetahui bagaimana caranya untuk membuat CV yang menarik merupakan hal yang penting agar lolos seleksi administrasi sebuah perusahaan. CV yang baik serta menarik merupakan point tersendiri untuk dapat lolos ke tahap interview. HRD pun akan mempertimbangkan CV yang menarik.

CV biasanya diisi dari unsur data pribadi, kumpulan dokumen atas segala jenis pelatihan yang telah dijalani. Biasanya berisi tentang data diri, pendidikan formal, riwayat pendidikan informal, prestasi yang dimiliki (memenangkan sebuah kejuaraan atau lomba baik formal ataupun dalam bidang olahraga), pengalaman berorganisasi, keahlian atau skill serta minat yang dimiliki.

Dengan lengkapnya informasi yang kalian sertakan dalam CV maka akan membuat kalian HRD tidak kekurangan data untuk mengetahui seberapa banyak pengalaman kalian terkait dengan pegawai baru yag dicari.

Hal Penting Yang Harus di Cantumkan ke CV

contoh cv lamaran kerja

Ada beberapa poin yang wajib kalian cantumkan di dalam CV. Hal tersebut dimaksudkan agar HRD atau pimpinan sebuah perusahaan akan menerima informasi yang lengkap terkait calon pegawai barunya.

Deskripsi Diri Kalian

Hal yang pertama adalah bagaimana kalian menjelaskan tentang diri kalian. Nah banyak para pelamar pekerjaan yang belum berpengalaman menjelaskan diri mereka dengan asal – asalan. Dampaknya adalah mereka tidak akan dilirik bahkan tak jarang diremehkan oleh HRD.

Jadi dalam sesi ini, kalian harus mempromosikan diri kalian sebaik mungkin. Jelaskan tentang kelebihan kalian serta keunikan dan skill yang kalian miliki. Gunakan kata – kata yang elegan dan terkesan kalian sangat ahli dalam bidang atau skill tersebut.

Jelaskan diri kalian secara lengkap singkat dan tepat serta jangan menggunakan kata yang berlebihan dan banyak bertele – tele. Hal tersebut sangat penting dan bisa menjadi nilai plus dimata para rekruitmen.

Data Diri

Tak kenal maka tak sayang. Nah begitu ungkapan yang tepat untuk hal berikutnya yang wajib kalian cantumkan didalam CV. Kalian harus melampirkan data diri lengkap di CV yang kalian kirimkan ke sebuah perusahaan.

Agar kalian tidak bingung apa saja yang harus dilampirkan, kalian bisa melihat daftar berikut ini :

  1. Nama Panjang
  2. Tempat Tanggal Lahir
  3. Alamat
  4. Kontak Telepon dan Email yang bisa dihubungi
  5. Media Sosial
  6. Jurusan Sekolah/Kuliah
  7. IPK atau Rata-rata Nilai
  8. Tahun Lulus

Pengalaman Organisasi

Hal berikutnya yang harus kalian cantumkan adalah pengalaman organisasi. Mulai dari jabatan, nama organisasi, lamanya kalian di organisasi tersebut serta event apa saja yang pernah kalian jalani semasa organisasi.

Organisasi bisa menjadi tolak ukur untuk HRD untuk dapat mengetahui seberapa jauh pengalaman kalian dalam berorganisasi dan memanagement diri dalam organisasi tersebut.

Riwayat Pendidikan Dan Pelatihan

Yang keempat yang harus dicantumkan oleh pelamar pekerjaan adalah riwayat dari pendidikan serta training yang pernah di jalani. Biasanya suatu perusahaan akan membuat syarat minimal pendidikan untuk para calon pegawainya. Banyak para pelamar baru yang salah dalam pengisian format ini.

Perlu diingat bahwa kalian harus mengisinya dengan pendidikan terkahir yang kalian jalani. Misalnya kuliah, tulislah nama universitas dan jurusan yang kalian jalani.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pelamar adalah dengan melampirkan riwayat pendidikan mulai dari SD sampai pendidikan terakhirnya.

Jangan lakukan seperti itu karena para HRD akan memandang CV kalian sangat membosankan, yang perlu kalian tuliskan mulai dari SD sampai pendidikan terakhir adalah pengalaman pelatihan yang kalian miliki.

Prestasi

Untuk bagian ini, tidaklah apa apa jika kalian tidak memiliki prestasi apapun. Karena prestasi adalah nilai tambah dan bukan merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh para pelamar.

Tetapi jika ada, Ada baiknya kalian melampirkan prestasi yang kalian miliki tersebut. Tapi ingat, tuliaskan prestasi yang relefan dengan posisi yang kalian lamar. Karena jika tidak, hal tersebut malah bisa menjadi boomerang bagi kalian.

Skill atau Keahlian Tambahan

Point berikutnya adalah Skill yang kalian miliki. Dengan tambahan skill, HRD akan menambahkan nilai plus pada diri kalian. Apalagi jika skill tersebut sangat relefan dengan jenis pekerjaan yang kalian lamar. Jadi jangan malu untuk mencantumkan skill kalian apapun itu.

Pengalaman Pekerjaan serta Referensi dari Perusahaan

Jika kalian sudah pernah menjalani sebuah pekerjaan, janganlah malu untuk menuliskan pengalaman kalian di dalam CV. Biasanya dengan adanya pengalaman pekerjaan, para rekruitment akan langsung melirik kalian.

Hal tersebut didasari karena mereka tidak perlu repot-repot mengajari dari awal hal yang harus dilakukan ketika kalian masuk kedalam sebuah perusahaan baru.

Contoh CV Menarik yang Baik dan Benar

Agar berkas kalian lolos dari tahap adminitrasi sebaiknya pahami juga cara format penulisan CV yang benar berikut ini yang dapat kalian jadikan referensi:

Gunakan Kertas Putih

Ada baiknya membuat resume yang merupakan berkas lengkap sebagai syarat melamar suatu posisi, bisa ditulis di kertas putih polos. Kertas yang dapat Anda gunakan untuk resume Anda adalah kertas A4 jenis 80 gram.

Membuat Dengan Rapih

Meskipun formatnya sudah ada, kalian juga harus menjaganya tetap rapi agar resume kalian terlihat bagus dan menarik dan dilirik oleh perusahaan yang kalian lamar pekerjaan.

Tips untuk kalian yang menulis CV dengan tangan kalian dapat menggunakan garis kiri dan kanan pada kertasa sebagai pembatas untuk menulis.

Gunakan Bahasa Sesuai Dengan EYD

Menulis resume membutuhkan penggunaan tata bahasa dan ejaan yang baik agar perusahaan yang kalian lamar dapat memahaminya nanti. Juga, gunakan bahasa yang menunjukkan kalian memiliki pikiran intelektual.

Jangan lupa untuk font yang akan digunakan pada resume itu sendiri, umumnya menggunakan font yang cukup formal seperti Times New Roman dan Arial dengan ukuran 11 atau 12 pt.

Setelah memahami point yang telah dijelaskan diatas, tiba saatnya untuk kalian menulis CV versi kalian sendiri. Berikut ini adalah contoh CV yang bisa dijadikan acuan kalian dalam membuat CV yang menarik.

contoh cv lamaran kerja
contoh cv lamaran kerja

Pada umumnya banyak orang-orang yang bingung dan mencari nya di Google tentang hal berikut ini:

  • Contoh CV lamaran kerja pdf
  • Contoh CV lamaran kerja tulis tangan
  • Contoh CV lamaran kerja lulusan SMA/SMK
  • Contoh CV lamaran kerja word
  • Contoh CV lamaran kerja menarik
  • Contoh CV lamaran kerja fresh graduate
  • Contoh CV lamaran kerja online
  • Contoh CV lamaran kerja via email
  • Contoh CV lamaran kerja bahasa inggris
  • Contoh CV lamaran kerja umum

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar, kalian dapat mengikuti referensi diatas agar CV kalian terlihat menarik dan dapat lolos ketahap interview.

Tetap perhatikan dan cek ulang CV sebelum mengirimnya kesebuah perusahaan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Terima kasih telah mengunjungi situs website mudikbumn.co.id yang selalu memberikan informasi terbaru yang akurat, jelas dan aktual.

Joko Rizki Seorang profesional bidang IT yang mencintai Merah Putih