Ketika ingin melamar sebuah pekerjaan, hal yang sering tidak diperhatikan oleh banyak orang yaitu cara penulisan surat dengan format yang benar. Padahal hal ini dapat menentukan seseorang untuk dapat diterima di tempat mereka melamar, oleh karena itu kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Ketika kalian hendak melamar sebuah pekerjaan, tentunya terdapat beberapa persyaratan yang harus kalian persiapkan. Hal tersebut harus sesuai dengan yang telah ditentukan oleh instansi penyedia lowongan pekerjaan. Salah satu syarat wajib yang harus kalian siapkan adalah surat lamaran pekerjaan.
Surat ini menjadi salah satu poin penting apakah kalian dapat diterima kerja atau tidak pada Perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan.
Tentunya kalian harus membuat surat lamaran yang baik dan benar, agar peluang kalian diterima oleh sebuah Perusahaan semakin besar. Karena, tidak sedikit yang mengalami kegagalan saat seleksi penerimaan karyawan, hanya karna mereka mengirimkan surat lamaran yang tidak benar.
Secara umumnya, surat lamaran pekerjaan berisikan informasi mengenai keterampilan dan juga pengalaman dari seorang pelamar. Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, jangan khawatir, karena MudikBumn akan merangkumnya secara detail dibawah ini.
Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kemungkinan besar untuk diterima pada sebuah Perusahaan dilihat dari surat lamaran yang dikirim.
Pada dasarnya, cara membuat surat lamaran pekerjaan yang akan diajukan kemanapun sama saja isi yang tertera didalamnya. Baik itu melamar pekerjaan secara online, ataupun offline.
Dalam proses pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan, terdapat beberapa unsur yang harus kalian perhatikan, seperti :
- Tempat dan Tanggal Pembuatan
- Perusahaan yang dituju
- Salam pembuka
- Pembukaan surat
- Isi surat
- Syarat lamaran/lampiran
- Penutup surat
- Tanda tangan dan Nama pelamar
Baiklah, dari beberapa unsur surat lamaran pekerjaan di atas, yuk kita bedah satu per satu agar tahu cara membuat Surat Lanaran Pekerjaan yang baik dan benar.
Tempat dan Tanggal Pembuatan
Tempat dan juga Tanggal Pembuatan dari Surat Lamaran Pekerjaan ini biasanya terletak dibagian pojok kanan atas. Kalian juga harus memperhatikan, bahwa nama tempat dan bulan harus diawali dengan huruf kapital dan harus dipisahkan dengan tanda (,) koma.
Misalnya : Bandar Lampung, 19 Maret 2020
Alamat Perusahaan yang Dituju
Pada bagian pojok kiri bawah kalian tuliskan alamat lengkap Perusahaan yang dituju dan juga nama Penerima. Kalian juga harus memperhatikan, jika kalian belum mengetahui nama HRD-nya, kalian bisa menuliskannya dengan “Bapak/Ibu”
Misalnya :
Yth. Bapak/Ibu HRD PT Ruang Angkasa Raya
Jl. Cinta Sejati No. 29, Jakarta Utara
Tidak hanya itu saja, kalian juga harus memperhatikan, apabila surat tersebut ditujukan ke perusahaan dengan subjek tertentu, maka kalian bisa memakai “Yth“.
Namun, apabila surat tersebut ditujukan ke perusahaan tanpa subjek tertentu, maka kalian bisa menggunakan “Kepada“. Jadi jangan pakai keduanya ya sobatDinar.
Lalu, perhatikan juga saat menuliskan nama perusahaan, misalnya pada tulisan “PT” tidak perlu diberikan titik.
Salam dan Pembuka Surat
Pada unsur yang satu ini biasanya diawali dengan kalimat “Dengan Hormat“. Nah, sedangkan untuk pembuka surat bisa kalian isi dengan kata pengantar.
Secara umum, pada bagian ini kalian bisa menjelaskan darimana kalian memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan juga posisi yang kalian pilih.
Misalnya :
Dengan Hormat
Berdasarkan dengan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Administrasi.
Isi Surat
Nah, pada bagian isi ini biasanya disi dengan data diri dari pelamar, seperti nama lengkap, tempat tinggal, tanggal lahir, e-mail, No Hp dan lainnya.
Pada bagian ini juga kalian bisa menjelaskan pengalaman serta kemampuan yang kalian miliki. Baik itu Hardskill maupun Softskill.
Misalnya :
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
nama : Tania Maryam
tempat/Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 11 Januari 2000
alamat : Jl. Cempaka GG. Seri No. 22, Tanjung Pinang, Kalimantan Barat
e-mail : taniamaryaam@gmail.com
no. Hp : 0895611262840
Saya merupakan fresh Graduate S1 Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Selama kuliah saya sangat aktif mengikuti organisasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan menjabat sebagai wakil ketua dari Divisi Media Komunikasi dan juga Informasi.
Saya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, kreatif serta dapat bekerja sama dengan tim dan berada dibawah tekanan.
Nah, perlu klian perhatikan juga bahwa pada penulisan data diri, karena bentuknya daftar memakai titik dua (:). Semua awal baris ditulis menggunakan huruf kecil.
Tidak hanya itu saja, kalimat yang kalian buat sebaiknya singkat, padat dan jelas. Jadi tidak usah bertele-tele.
Baca Juga : Jam Operasional Bank
Syarat Lamaran/Lampiran
Pada bagian ini, kalian bisa tuliskan dokumen apa saja yang dilampirkan pada surat lamaran tersebut. Berikut ini beberapa dokumen yang biasanya dilampirkan pada surat lamaran kerja, yaitu :
Sebagai bentuk pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :
- fc KTP,
- pas foto 3×4,
- fc ijazah terakhir,
- fc transkrip nilai,
- daftar riwayat hidup,
- sertifikat keikutsertaan organisasi.
Pada bagian ini juga harus kalian perhatikan yaa, setiap awal baris harus diawali dengan huruf kecil dan di akhiri dengan tanda koma (,). Kecuali pada baris terakhir, yang diakhiri dengan tanda titik (.).
Penutup Surat
Di bagian penutup surat ini, kalian bisa ungkapkan bahwa kalian memiliki harapan yang besar untuk bisa keterima di perusahaan tersebut. Dan jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.
Misalnya :
Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap, Bapak/Ibu bisa mempertimbangkannya dan juga memberikan kesempatan kepada saya untuk menunjukkan potensi saya lebih rinci lagi pada tahap berikutnya. Atas perhatin Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Tanda Tangan dan Nama Pelamar
Nah untuk hal ini biasanya banyak masyarakat yang melupakannya padahal ini lumayan penting dan biasanya untuk unsur yang satu ini bisa kalian letakkan dibagian pojok kanan bawah surat.
Misalnya :
Hormat Saya,
(tanda tangan)
Tania Maryam
Contoh Surat Lamaran Kerja
Setelah menyimak penjelasan dari unsur-unsur dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Berikut merupakan contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang perlu anda ketahui :
Surat Lamaran Kerja di PT
Bandar Lampung, 20 April 2020
Yth Bapak/Ibu HRD (Nama Perusahaan)
Alamat perusahaan
Prihal : Lamaran Kerja
Dengan Hormat
Berdasarkan dengan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs xxx, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Administrasi.
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
nama :
tempat/Tanggal Lahir :
alamat :
e-mail :
no. Hp :
Saya merupakan fresh Graduate Universitas Jenderal Soedirman. Selama kuliah saya sangat aktif mengikuti organisasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan menjabat sebagai wakil ketua dari Divisi Media Komunikasi dan juga Informasi.
Saya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, kreatif serta dapat bekerja sama dengan tim dan mampu bekerja dibawah tekanan.
Sebagai bentuk pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :
- fc KTP
- pas foto 3×4
- fc ijazah terakhir
- fc transkrip nilai
- daftar riwayat hidup
- sertifikat keikutsertaan organisasi
Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap, Bapak/Ibu bisa mempertimbangkannya dan juga memberikan kesempatan kepada saya untuk menunjukkan potensi saya lebih rinci lagi pada tahap berikutnya. Atas perhatin Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
(tanda tangan)
Nama Pelamar
Surat Lamaran Kerja Umum
Bandar Lampung, 12 April 2021
Yth Bapak/Ibu (nama perusahaan)
(alamat perusahaan)
Prihal : Lamaran Kerja
Dengan Hormat
Berdasarkan dengan informasi lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs xxx, saya bermaksud mengajukan diri untuk menempati posisi sebagai (pofesi yang dilamar) di (nama instansi).
Saya yang ber-tanda tangan di bawah
nama :
tempat/Tanggal Lahir :
alamat :
e-mail :
no. Hp :
Saya sudah memiliki pengalaman selama 2 Tahun sebagai (posisi yang dilamar) pada sebuah perusahaan ternama di (alamat perusahaan yang lama). Saya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, kreatif serta dapat bekerja sama dengan tim dan mampu bekerja dibawah tekanan.
Sebagai bentuk pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :
- fc KTP
- pas foto 3×4
- fc ijazah terakhir
- fc transkrip nilai
- daftar riwayat hidup
- sertifikat keikutsertaan organisasi
Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap, Bapak/Ibu bisa mempertimbangkannya dan juga memberikan kesempatan kepada saya untuk menunjukkan potensi saya lebih rinci lagi pada tahap berikutnya. Atas perhatin Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
(tanda tangan)
Nama Pelamar
Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Untuk kalian yang ingin mengetahui contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, kalian harus mengikuti format penulisan dibawah ini:
- Tanggal dan tempat penulisan
- Menulis nama perusahan dan alamat lengkap perusahaan yang dilamar
- Membuat salam pembuka
- Isi lata pengantar yang baik
- Biodata diri secara lengkap
- Masukan pengalaman kerja atau keahlian yang dimiliki
- Penutup
Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja
Nah, demikianlah informasi dari kami tentang contoh dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga artikel kali ini membantu kalian untuk menyelesaikan masalah kalian.