Bagus Abdillah Seseorang blogger yang suka menulis dan senang berbagi seputaran Teknologi digital!

Contoh Surat Penawaran Barang

3 min read

Mungkin diantara kalian belum mengetahui cara membuat surat penawaran barang, maka dari itu di kesempatan kali ini kami akan memberikan kalian contoh surat penawaran barang, simak ulasan berikut.

Surat penawaran barang merupakan salah satu jenis surat niaga atau jenis surat bisnis, tujuan itu memiliki pengaruh yang sangat penting baik untuk membuat jenis usaha maupun untuk membuat laris barang di pasaran.

Salah satu jenis surat seperti ini bisa dibilang masih sangat banyak digunakan hingga saat ini, hal ini dikarenakan semakin banyaknya usaha-usaha yang sedang berkembang maupun yang masih dalam proses pembangunan.

Di dalam dunia bisnis, surat penawaran barang adalah salah satu surat yang digunakan untuk menawarkan barang atau jasa dari perusahaan yang biasanya bertindak sebagai distributor maupun supplier dari barang atau jasa tersebut.

Tujuan utama dalam membuat surat ini adalah, agar penawaran barang ataupun jasa yang diberikan dapat berjalan dengan lancar dan jenis produk yang ditawarkannya akan menjadi produk yang dipilih oleh konsumen.

Proses dalam pembuatan surat penawaran barang tergolong sangatlah mudah, selama kalian memperhatikan poin penting dan apa saja yang perlu dicantumkan dalam surat penawaran tersebut.

Tentang Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang

Mungkin diantara kalian semua sudah mengetahui dan tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini, tetapi pastinya ada juga yang belum mengetahui tentang apa itu surat penawaran.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa surat penawaran merupakan salah satu jenis surat yang ditulis dengan tujuan untuk menawarkan sejumlah barang ataupun jasa.

Penawaran tersebut diberikan ke sebuah perusahaan ataupun ke calon konsumen agar terjalinnya suatu kerjasama bisnis antar kedua belah pihak tersebut.

Biasanya surat penawaran yang satu ini dikeluarkan setelah adanya surat permintaan penawaran barang atau jasa yang berasal dari para calon konsumen kepada para distributor.

Baca Juga : Contoh CV Lamaran Kerja

Dengan adanya surat penawaran tersebut tentunya akan membantu proses kerjasama dalam aktivitas ekonomi bisnis dan perdagangan antara distributor dengan para konsumen.

Di dalam proses pembuatan surat penawaran terdapat beberapa point penting yang harus kalian ketahui, sehingga nantinya di saat membuat contoh surat penawaran kalian tidak akan melewatkan point penting tersebut.

Dengan membuat surat yang baik dan benar, tentu saja akan membuat para calon konsumen tertarik dan ingin melakukan kerjasama dengan jenis produk yang kalian miliki. Poin-point penting tersebut di antara lain adalah :

Nama Perusahaan Penawar

Contoh Surat Penawaran Barang

Point pertama yang harus ketahui adalah Nama Perusahan, point yang satu ini bisa dibilang adalah point yang sangat penting yang harus dilampirkan ke dalam surat penawaran.

Dengan adanya Nama perusahaan tentunya akan memudahkan calon konsumen kalian agar mereka dapat mengetahui seperti apa jenis perusahaan yang kalian miliki.

Merk Produk

Contoh Surat Penawaran Barang

Point yang selanjutnya adalah Merk dari produk, Merek produk yang kita miliki juga merupakan salah satu poin yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Karena dengan menambahkan merek produk, tentunya akan membuat calon konsumen memberikan perhatian yang cukup serius ke dalam masalah merek dari produk yang kalian miliki tersebut.

Syarat Pembayaran

Contoh surat penawaran barang

Memberikan syarat khusus ke dalam proses pembayaran juga sangatlah penting untuk diperhatikan, hal ini dikarenakan bahwa tidak semua calon konsumen akan membayar secara lunas di awal.

Agar hal tersebut tidak akan terjadi, silahkan kalian berikan beberapa pilihan syarat dalam pembayaran contohnya seperti DP, Bayar di tempat, atau bisa juga dengan melakukan pilihan pembayaran secara kontan.

Administrasi

contoh surat penawaran barang

Bukan hanya sekedar membuat surat penawaran saja, melainkan dengan kalian menambahkan beberapa administrasi untuk mengajukan penawaran kepada pihak konsumen.

Tentunya hal ini akan membuat para calon konsumen semakin tertarik dengan jenis produk yang distributor tawarkan maupun sebaliknya. Terdapat administrasi pendukung diantara lain adalah :

  • Katalog Produk
  • Daftar rekam jejak atau (TDR)
  • Surat izin perdagangan atau (SIUP)
  • Nomor pokok wajib pajak atau (NPWP)

Jumlah Kebutuhan

contoh surat penawaran barang

Point terpenting yang terakhir adalah Jumlah Kebutuhan atau stok barang yang kalian miliki, karena dengan adanya jumlah barang ataupun stok yang kalian miliki.

Tentunya akan mempermudah para calon konsumen dalam mengetahui seberapa besar jumlah barang distributor yang akan disanggupi dalam melayani kebutuhan pasar yang ada.

Cara Menulis Surat Penawaran Baarang dan Jasa

contoh surat penawaran barang

Di dalam menulis surat penawaran yang baik dan benar, kalian harus mengetahui terlebih dahulu beberapa struktur yang harus diperhatikan dalam membuat surat tersebut.

Karena apabila kalian membuat surat penawaran dengan benar, maka nantinya pihak dari konsumen tidak akan bingung saat membaca surat penawaran yang dikirim oleh supplier maupun distributor tersebut.

Di bawah ini adalah struktur contoh surat penawaran barang yang baik dan benar :

Kop Surat

contoh surat penawaran barang dan jasa

Pada bagian paling awal atau di bagian atas terdapat kop surat dari distributor yang terdiri dari :

  • Nama perusahaan
  • Alamat Lengkap
  • Email dan Kontak

Kepala Surat

contoh surat penawaran

Pada bagian ini menjelaskan beberapa hal mengenai :

  • Tanggal Surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Tujuan surat

Pembuka Surat

contoh surat penawaran barang yang baik dan benar

Pada bagian pembuka di dalam surat penawaran terdapat paragraf yang berisikan penjelasan singkat mengenai pemberitahuan atau balasan dari surat permintaan sebelumnya terkait dengan produk penawaran tersebut.

Pada bagian pembuka ini juga, dapat diawali terkait dengan penjelasan singkat mengenai perusahaan atau distributor yang bergerak di dalam bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan oleh para calon konsumen.

Isi Surat

surat penawaran barang

Pada bagian isi surat penawaran terdapat paragraf selanjutnya yang mana di dalam paragraf tersebut menjelaskan secara detail terkait dengan produk yang ditawarkan kepada para calon konsumen. 

Dengan menjelaskan kepada para calon konsumen terkait dengan jenis produk yang akan ditawarkan, tentunya akan menambah keyakinan para konsumen terkait dengan produk yang ditawarkan.

Di dalam isi surat penawaran menjelaskan produk yang terdiri dari :

  • Merk dan warna
  • Jenis barang atau jasa
  • Harga
  • Pembayaran
  • Pengiriman

Bukan hanya berupa penjelasan produk saja, melainkan kalian juga bisa menambahkan penjelasan tertentu sesuai dengan permintaan dan kebutuhan para calon konsumen tersebut.

Penutup Surat

contoh surat penawaran barang

Pada bagian terakhir yakni penutup surat penawaran, biasanya dimasukan hal-hal yang terkait dengan permohonan dan himbauan agar bisa menjalin hubungan kerja. 

di bagian penutup juga kalian dapat melampirkan beberapa administrasi tambahan yang bisa meningkatkan potensi agar terjalinnya sebuah kerjasama antara distributor dan konsumen.

Contoh Surat Penawaran Barang yang Benar

Setelah kalian mengetahui mengenai apa itu surat penawaran, poin-poin penting membuat surat penawaran dan struktur-struktur dalam membuat surat penawaran. Silahkan kalian simak contoh surat penawaran barang yang ada di bawah ini sebagai berikut :

Contoh Surat Penawaran Barang

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan mengenai contoh surat penawaran barang dan jasa, semoga artikel yang kami sajikan di kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Dan untuk kalian semua yang sedang mencari informasi seputar Teknologi, Game, Tutorial, Aplikasi, Komputer, Hiburan dan lain sebagainya, kalian dapat berkunjung ke situs kami Mudikbumn.co.id terima kasih.

Rate this post
Bagus Abdillah Seseorang blogger yang suka menulis dan senang berbagi seputaran Teknologi digital!